Bismillahirrahmaanirrahim.
Alhamdulillah,
saya sudah sampai di tugas ketiga kelas RBI Project 2. Ada perasaan senang,
tetapi juga khawatir. Saya senang karena sejauh ini berhasil mengumpulkan tugas
sebelum waktu deadline; tetapi juga khawatir kalau di tengah jalan nanti ada
hal yang menghambat pengumpulan tugas saya. Semoga saja tidak terjadi dan saya
bisa lulus dengan sempurna. Sebenarnya bukan kelulusan itu sih yang
sebenar-benarnya saya harapkan. Tetapi adalah dampak dari Project 2 ini kepada
diri saya sendiri, seperti saya bisa lebih mengenal diri saya, lebih percaya
diri dengan kekuatan yang saya miliki dan produktif untuk mengembangkannya,
juga menyadari kelemahan saya sehingga bisa menemukan orang-orang yang dapat
bersinergi dengan saya. Karena tujuan saya tersebut, maka saya memaksa dan
mengharuskan diri saya serius mengerjakan setiap tugas di Project 2 ini,
sehingga saya bisa lulus.
Terus
terang, sejauh ini (sudah hampir 3 pekan sejak materi 1) perasaan yang saya
rasakan adalah galau dan tidak yakin. Karena sampai detik ini saya akan
menuliskan tugas ketiga, saya masih harus merivisi bakat dan peran dominan yang
saya rasakan pada diri saya. Seharusnya penentuan bakat dan peran dominan
tersebut bisa selesai di tugas 1. Tetapi ketika mengerjakan tugas 2, saya harus
merevisi dulu bakat dan peran dominan pilihan saya, baru masuk mengerjakan
tugas tentang materi 2. Lalu sekarang, ketika harus mengerjakan tugas materi 3,
saya masih saja belum tuntang dengan perenungan dan penyelaman ke dalam
relung-relung dalam jiwa dan diri saya.
Saya
tidak tahu alasan kegalauan ini terjadi pada saya. Saya pun bukanlah seseorang
yang berbakat analytical, sehingga pikiran saya bagai tak sampai untuk
menganalisis. Tetapi mungkin, setelah sedikit membicarakan hal ini dengan
teman-teman di Kelompok 7, saya menemukan jawaban, bisa jadi sepanjang umur
saya 30 tahun ini, belum banyak aktivitas yang saya lakukan. Hal ini
menyebabkan pengalaman perasaan di dalam diri saya tidak kaya. Lalu hal lain,
tentunya ada andil pengasuhan orang tua saya yang tidak cukup menstimulus saya
pada setiap bakat yang ada tersebut. Sehingga bakat yang dominan pun, rasanya
akan sama saja seperti bakat yang dominan.
Anyway,
saat ini saya berada pada kesimpulan sementara, bahwa saya pribadi tidak cukup
mengenal diri saya. Sehingga hal itu membuat diri saya tidak jelas mengetahui
hal-hal yang disukainya ataupun tidak disukainya. Akhirnya, ketika beraktifitas
pun, seringkali diri saya menjadi ikut-ikutan dengan aktifitas atau hal-hal
yang sedang ‘ngetren’. Sungguh, ini sebenarnya adalah dosa besar bagi eksistensi
diri saya sendiri. Maka, karena saya tidak mau dosa itu berlanjut, karena saya
tidak mau pula saya mewariskan dosa tersebut ke diri anak-anak saya; tugas
ketiga inilah yang selanjutnya akan menjadi pijakan awal saya untuk melangkah.
Ketika suatu hari kejadian dalam perjalanan hidup saya membawa suatu
kebimbangan, semoga Allah senantiasa mengingatkan saya untuk melihat dan
membaca lagi tulisan saya di tugas ketiga ini. Insya Allah.
Well,
setelah berulang kali membaca materi 1, 2, dan 3, ditambah beberapa referensi
tulisan tentang bakat dari internet; juga membandingkan tulisan-tulisan saya
pada dua tugas sebelumnya; dan mempertimbangkan masukan dari para fasilitator,
terutama Mbak Andita Aryoko, maka saya memutuskan untuk merombak dan merevisi
tugas 1 dan 2 saya. Kemudian dari situ baru saya akan melanjutkan mengerjakan
tugas 3.
Jadi,
beginilah hasilnya:
7
Bakat Dominan saya adalah:
1.Communication
2.Consistency
3.Discipline
4.Focus
5.Learner
6.Relator
7.Significance
6
Peran Dominan saya adalah:
1.Ambassador
2.Administrator
3.Communicator
4.Educator
5.Journalist
6.Quality
Controller
Oke, tulisan saya di Tugas 1 tentang
pemilihan bakat dan peran dominan sudah saya revisi. Selanjutnya, bakat dan
peran dominan yang saya tulis di Tugas 3 ini akan menjadi pijakan saya untuk
mengerjakan tugas-tugas selanjutnya.
Sekarang saya mau merevisi tentang
tugas 2 saya. Setelah saya baca-baca lagi, ternyata masih banyak sekali
aktivitas yang saya tulis pada tugas 2, ternyata adalah aktivitas angan-angan.
Maksudnya, aktivitas itu belum saya kerjakan, tapi sudah bergelayut-gelayut di
kepala saya. Sayangnya, aktifitas yang masih angan-angan itu, ternyata
menghabiskan cukup banyak waktu dan energi saya. Dan saya merasa ini bukanlah
produktifitas yang seharusnya. Maka dalam tabel berikut saya akan merunut dan
mengurut ulang lagi aktifitas keseharian saya, yang benar-benar bisa saya
kerjakan sehari-hari; dan cocok dengan bakat dan peran yang sudah saya
tuliskan.
NO
|
AKTIVITAS
|
BAKAT
|
PERAN
|
RANAH
|
1.
|
Menyambut anak-anak bangun tidur di pagi hari.
|
Communication
Relator
|
|
Keluarga
|
2.
|
Membaca doa bangun tidur bersama anak di pagi hari.
|
Discipline
Significance
|
Educator
|
Keluarga
|
3.
|
Mengingatkan anak untuk minum air putih dan buang air kecil di
pagi hari.
|
Focus
Discipline
|
|
Keluarga
|
4.
|
Mengawasi anak-anak mandi.
|
Focus
Discipline
Communication
|
Quality Controller
|
Keluarga
|
5.
|
Sarapan, makan siang dan malam bersama anak-anak, membaca doa mau
makan dan selesai makan.
|
Communication
Discipline
Significance
|
Educator
|
Keluarga
|
6.
|
Bermain bersama anak.
|
Communication
Focus
Learner
Relator
|
Communicator
|
Keluarga
|
7.
|
Memasak makanan untuk keluarga.
|
Focus
Consistency
Discipline
Learner
|
Quality Controller
|
Keluarga
|
8.
|
Membimbing anak-anak belajar.
|
Focus
Discipline
Communication
Relator
Significance
|
Educator
Journalist
Communicator
Quality Controller
|
Keluarga
|
9.
|
Menghafalkan surat-surat pendek.
|
Focus
Learner
Significance
|
Educator
|
Keluarga (Pribadi)
|
10.
|
Membacakan buku kepada anak-anak.
|
Communication
Focus
Discipline
Learner
|
Educator
|
Keluarga
|
11.
|
Melaksanakan sholat lima waktu tepat waktu dan sholat dhuha.
|
Discipline
Consistency
Significance
|
|
Keluarga (Pribadi)
|
12.
|
Tilawah.
|
Focus
Discipline
Consistency
Significance
|
|
Keluarga (Pribadi)
|
13.
|
Merapikan administrasi homeschooling anak-anak (menulis jurnal
belajar, membuat kurikulum dan rencana kegiatan belajar anak-anak).
|
Discipline
Focus
Consistency
|
Administrator
Journalist
|
Keluarga
|
14.
|
Belajar (membaca buku, mengikuti kelas online, mengerjakan tugas
online)
|
Focus
Discipline
Learner
|
Communicator
Educator
Journalist
|
Keluarga (Pribadi)
|
15.
|
Membagi-bagi makanan ke tetangga, satpam, dan tukang sapu
komplek.
|
Communication
Relator
Significance
|
Ambassador
Communicator
|
Produktif
|
16.
|
Menulis (resume buku atau seminar, pengalaman pengasuhan
anak-anak, konten buku dan media belajar untuk anak-anak).
|
Focus
Communication
Consistency
Significance
|
Administrator
Educator
Journalist
|
Produktif
|
17.
|
Mengerjakan kegiatan rutin seperti mencuci dan menjemur, menyapu
dan mengepel, merapikan tempat tidur, mencuci piring, mengangkat pakaian dan
melipatnya, menyapu halaman.
|
Focus
Discipline
Consistency
|
|
Keluarga
|
18.
|
Mengobrol bersama suami (couple time).
|
Communication
Relator
Learner
|
Communicator
|
Keluarga
|
19.
|
Family time (berkumpul lengkap sekeluarga).
|
Communication
Relator
|
Communicator
Educator
|
Keluarga
|
20.
|
Berjejaring (komunitas online, medsos, dll)
|
Communication
Relator
|
Communicator
Journalist
|
Produktif
|
21.
|
Menjalankan bisnis online (membuat marketing komunikasi, upload
iklan di media sosial)
|
Communication
|
Administrator
Commounicator
Journalist
|
Produktif
|
22.
|
Mempersiapkan anak-anak untuk tidur dan menidurkan.
|
Communication
Consistency
Discipline
Relator
|
Communicator
Quality Controller
|
Keluarga
|
Berdasarkan tabel aktifitas di atas,
maka saya akan membuat kandang waktu saya sebagai berikut:
1.Peran sebagai diri dengan
aktifitas sebagai berikut:
a.
Istirahat : 6 jam
b.
Sholat wajib : 50 menit
c.
Sholat dhuha : 10 menit
d.
Tilawah : 30 menit
e.
Dzikir pagi-petang : 30 menit
e.
Menghafal Quran : 30 menit
f.
Kebersihan diri (2X) : 30 menit
g.
Belajar : 1 jam
h.
Menulis : 1 jam
Total
waktu : 11 jam
2.Peran sebagai pasangan (istri)
dengan aktifitas sebagai berikut:
a.
Couple time (pagi hari) : 1 jam
b.
Menyiapkan keperluan : 30 menit
suami di pagi hari dan
sore
hari (ketika pulang
kerja).
Total
waktu : 1 jam
30 menit
3. Peran sebagai ibu dengan
aktifitas sebagai berikut:
a.
Menyambut anak di pagi hari :
30 menit
dan kegiatan rutin pagi (buang
air
kecil dan minum air putih
b.
Makan bersama anak (3X) : 1 jam
c.
Mengawasi anak-anak mandi (2X) : 30 menit
d.
Bermain/berkegiatan bersama anak :
1 jam 30 menit
e.
Belajar bersama anak :
1 jam 30 menit
f.
Family time :
1 jam
g.
Membacakan buku kepada anak :
30 menit
h.
Menyiapkan makanan anak-anak (3X) : 1
jam
i.
Mempersiapkan anak untuk tidur malam :
30 menit
j.
Menulis jurnal belajar anak dan rencana :
30 menit
pembelajaran anak.
Total
waktu :
8 jam 30 menit
4. Peran dalam komunitas dengan
aktifitas betikut:
a.
Pekerjaan rutin rumah tangga :
1 jam 30 menit
b.
Berjejaring :
30 menit
c. Menjalankan
bisnis online : 1
jam
Total :
3 jam
TOTAL WAKTU SELURUHNYA:
1.
Peran
sebagai pribadi : 11 jam
2.
Peran
sebagai istri : 1 jam 30 menit
3.
Peran
sebagai ibu : 8 jam 30 menit
4.
Peran
dalam komunitas : 3 jam
TOTAL : 24 JAM
Berdasarkan kandang waktu tersebut,
maka saya membuat jadwal harian sebagai berikut:
NO
|
WAKTU
|
AKTIFITAS
|
1.
|
04.35 – 05.00
|
Bangun tidur, sholat subuh, dzikir pagi
|
2.
|
05.00 – 06.00
|
Couple Time
|
3.
|
06.00 – 06.15
|
Menyiapkan keperluan suami
|
4.
|
06.15 – 06.30
|
Loading cucian ke mesin cuci, menyapu, mengepel
|
5.
|
06.30 – 07.00
|
Membaca buku (belajar)
|
6.
|
07.00 – 07.30
|
Menyambut anak-anak di pagi hari
|
7.
|
07.30 – 07.45
|
Mengawasi anak-anak mandi
|
8.
|
07.45 – 08.00
|
Menjemur pakaian
|
9.
|
08.00 – 08.40
|
Menyiapkan sarapan untuk anak dan sarapan bersama
|
10.
|
08.40 – 08.50
|
Kebersihan diri
|
11.
|
08.50 – 09.00
|
Sholat Dhuha
|
12.
|
09.00 – 09.30
|
Tilawah
|
13.
|
09.30 – 10.00
|
Menghafalkan Al-Quran
|
14.
|
10.00 – 11.00
|
Menulis
|
15.
|
11.00 – 12.00
|
Bermain/berkegiatan bersama anak
|
16.
|
12.00 – 12.20
|
Menyiapkan makan siang untuk anak
|
17.
|
12.20 – 12.30
|
Sholat Dzuhur
|
18.
|
12.30 – 12.50
|
Makan siang bersama
|
19.
|
12.50 – 13.20
|
Membacakan buku kepada anak
|
20.
|
13.20 – 14.50
|
Membimbing anak belajar
|
21.
|
14.50 – 15.20
|
Menulis jurnal pembelajaran anak dan RKH untuk esok hari
|
22.
|
15.20 – 15.30
|
Sholat Ashar
|
23.
|
15.30 – 16.00
|
Berjejaring/berkomunitas online (WA, IG, Medsos)
|
24.
|
16.00 – 16.40
|
Mengangkat pakaian dan melipat pakaian, mencuci piring dan
membersihkan dapur
|
25.
|
16.40 – 16.55
|
Mengawasi anak-ana mandi sore
|
26.
|
16.55 – 17.15
|
Kebersihan diri
|
27.
|
17.15 – 17.50
|
Menyambut suami di sore hari dan menyiapkan makan malam
|
28.
|
17.50 – 18.10
|
Makan malam bersama
|
29.
|
18.10 – 18.35
|
Sholat Maghrib dan dzikir petang
|
30.
|
18.35 – 19.35
|
Family Time
|
31.
|
19.35 – 19.45
|
Sholat Isya
|
32.
|
19.45 – 20.45
|
Menjalankan bisnis online
|
33.
|
20.45 – 21.15
|
Menyiapkan anak-anak tidur malam
|
34.
|
21.15 – 21.45
|
Belajar
|
35.
|
21.45
|
Tidur malam
|
Akhirnya, inilah ujung dari tugas 3 saya. Semoga para fasilitator tidak jenuh membaca tulisan sepanjang ini. Masya Allah.
No comments:
Post a Comment