Sunday, 1 April 2018

Kandang Waktu dan Jadwal Harian (Tugas 3 RBI Project 2)


Bismillahirrahmaanirrahim.
Alhamdulillah, saya sudah sampai di tugas ketiga kelas RBI Project 2. Ada perasaan senang, tetapi juga khawatir. Saya senang karena sejauh ini berhasil mengumpulkan tugas sebelum waktu deadline; tetapi juga khawatir kalau di tengah jalan nanti ada hal yang menghambat pengumpulan tugas saya. Semoga saja tidak terjadi dan saya bisa lulus dengan sempurna. Sebenarnya bukan kelulusan itu sih yang sebenar-benarnya saya harapkan. Tetapi adalah dampak dari Project 2 ini kepada diri saya sendiri, seperti saya bisa lebih mengenal diri saya, lebih percaya diri dengan kekuatan yang saya miliki dan produktif untuk mengembangkannya, juga menyadari kelemahan saya sehingga bisa menemukan orang-orang yang dapat bersinergi dengan saya. Karena tujuan saya tersebut, maka saya memaksa dan mengharuskan diri saya serius mengerjakan setiap tugas di Project 2 ini, sehingga saya bisa lulus.
Terus terang, sejauh ini (sudah hampir 3 pekan sejak materi 1) perasaan yang saya rasakan adalah galau dan tidak yakin. Karena sampai detik ini saya akan menuliskan tugas ketiga, saya masih harus merivisi bakat dan peran dominan yang saya rasakan pada diri saya. Seharusnya penentuan bakat dan peran dominan tersebut bisa selesai di tugas 1. Tetapi ketika mengerjakan tugas 2, saya harus merevisi dulu bakat dan peran dominan pilihan saya, baru masuk mengerjakan tugas tentang materi 2. Lalu sekarang, ketika harus mengerjakan tugas materi 3, saya masih saja belum tuntang dengan perenungan dan penyelaman ke dalam relung-relung dalam jiwa dan diri saya.
Saya tidak tahu alasan kegalauan ini terjadi pada saya. Saya pun bukanlah seseorang yang berbakat analytical, sehingga pikiran saya bagai tak sampai untuk menganalisis. Tetapi mungkin, setelah sedikit membicarakan hal ini dengan teman-teman di Kelompok 7, saya menemukan jawaban, bisa jadi sepanjang umur saya 30 tahun ini, belum banyak aktivitas yang saya lakukan. Hal ini menyebabkan pengalaman perasaan di dalam diri saya tidak kaya. Lalu hal lain, tentunya ada andil pengasuhan orang tua saya yang tidak cukup menstimulus saya pada setiap bakat yang ada tersebut. Sehingga bakat yang dominan pun, rasanya akan sama saja seperti bakat yang dominan.
Anyway, saat ini saya berada pada kesimpulan sementara, bahwa saya pribadi tidak cukup mengenal diri saya. Sehingga hal itu membuat diri saya tidak jelas mengetahui hal-hal yang disukainya ataupun tidak disukainya. Akhirnya, ketika beraktifitas pun, seringkali diri saya menjadi ikut-ikutan dengan aktifitas atau hal-hal yang sedang ‘ngetren’. Sungguh, ini sebenarnya adalah dosa besar bagi eksistensi diri saya sendiri. Maka, karena saya tidak mau dosa itu berlanjut, karena saya tidak mau pula saya mewariskan dosa tersebut ke diri anak-anak saya; tugas ketiga inilah yang selanjutnya akan menjadi pijakan awal saya untuk melangkah. Ketika suatu hari kejadian dalam perjalanan hidup saya membawa suatu kebimbangan, semoga Allah senantiasa mengingatkan saya untuk melihat dan membaca lagi tulisan saya di tugas ketiga ini. Insya Allah.
Well, setelah berulang kali membaca materi 1, 2, dan 3, ditambah beberapa referensi tulisan tentang bakat dari internet; juga membandingkan tulisan-tulisan saya pada dua tugas sebelumnya; dan mempertimbangkan masukan dari para fasilitator, terutama Mbak Andita Aryoko, maka saya memutuskan untuk merombak dan merevisi tugas 1 dan 2 saya. Kemudian dari situ baru saya akan melanjutkan mengerjakan tugas 3.
Jadi, beginilah hasilnya:
7 Bakat Dominan saya adalah:
1.Communication
2.Consistency
3.Discipline
4.Focus
5.Learner
6.Relator
7.Significance

6 Peran Dominan saya adalah:
1.Ambassador
2.Administrator
3.Communicator
4.Educator
5.Journalist
6.Quality Controller

Oke, tulisan saya di Tugas 1 tentang pemilihan bakat dan peran dominan sudah saya revisi. Selanjutnya, bakat dan peran dominan yang saya tulis di Tugas 3 ini akan menjadi pijakan saya untuk mengerjakan tugas-tugas selanjutnya.
Sekarang saya mau merevisi tentang tugas 2 saya. Setelah saya baca-baca lagi, ternyata masih banyak sekali aktivitas yang saya tulis pada tugas 2, ternyata adalah aktivitas angan-angan. Maksudnya, aktivitas itu belum saya kerjakan, tapi sudah bergelayut-gelayut di kepala saya. Sayangnya, aktifitas yang masih angan-angan itu, ternyata menghabiskan cukup banyak waktu dan energi saya. Dan saya merasa ini bukanlah produktifitas yang seharusnya. Maka dalam tabel berikut saya akan merunut dan mengurut ulang lagi aktifitas keseharian saya, yang benar-benar bisa saya kerjakan sehari-hari; dan cocok dengan bakat dan peran yang sudah saya tuliskan.
NO
AKTIVITAS
BAKAT
PERAN
RANAH
1.
Menyambut anak-anak bangun tidur di pagi hari.
Communication
Relator

Keluarga
2.
Membaca doa bangun tidur bersama anak di pagi hari.
Discipline
Significance
Educator
Keluarga
3.
Mengingatkan anak untuk minum air putih dan buang air kecil di pagi hari.
Focus
Discipline

Keluarga
4.
Mengawasi anak-anak mandi.
Focus
Discipline
Communication
Quality Controller
Keluarga
5.
Sarapan, makan siang dan malam bersama anak-anak, membaca doa mau makan dan selesai makan.
Communication
Discipline
Significance
Educator

Keluarga
6.
Bermain bersama anak.
Communication
Focus
Learner
Relator
Communicator
Keluarga
7.
Memasak makanan untuk keluarga.
Focus
Consistency
Discipline
Learner
Quality Controller
Keluarga
8.
Membimbing anak-anak belajar.
Focus
Discipline
Communication
Relator
Significance
Educator
Journalist
Communicator
Quality Controller
Keluarga
9.
Menghafalkan surat-surat pendek.
Focus
Learner
Significance
Educator

Keluarga (Pribadi)
10.
Membacakan buku kepada anak-anak.
Communication
Focus
Discipline
Learner
Educator

Keluarga
11.
Melaksanakan sholat lima waktu tepat waktu dan sholat dhuha.
Discipline
Consistency
Significance

Keluarga (Pribadi)
12.
Tilawah.
Focus
Discipline
Consistency
Significance

Keluarga (Pribadi)
13.
Merapikan administrasi homeschooling anak-anak (menulis jurnal belajar, membuat kurikulum dan rencana kegiatan belajar anak-anak).
Discipline
Focus
Consistency

Administrator
Journalist
Keluarga
14.
Belajar (membaca buku, mengikuti kelas online, mengerjakan tugas online)
Focus
Discipline
Learner
Communicator
Educator
Journalist
Keluarga (Pribadi)
15.
Membagi-bagi makanan ke tetangga, satpam, dan tukang sapu komplek.
Communication
Relator
Significance
Ambassador
Communicator
Produktif
16.
Menulis (resume buku atau seminar, pengalaman pengasuhan anak-anak, konten buku dan media belajar untuk anak-anak).
Focus
Communication
Consistency
Significance
Administrator
Educator
Journalist

Produktif
17.
Mengerjakan kegiatan rutin seperti mencuci dan menjemur, menyapu dan mengepel, merapikan tempat tidur, mencuci piring, mengangkat pakaian dan melipatnya, menyapu halaman.
Focus
Discipline
Consistency

Keluarga
18.
Mengobrol bersama suami (couple time).
Communication
Relator
Learner
Communicator
Keluarga
19.
Family time (berkumpul lengkap sekeluarga).
Communication
Relator
Communicator
Educator
Keluarga
20.
Berjejaring (komunitas online, medsos, dll)
Communication
Relator
Communicator
Journalist
Produktif
21.
Menjalankan bisnis online (membuat marketing komunikasi, upload iklan di media sosial)
Communication

Administrator
Commounicator
Journalist
Produktif
22.
Mempersiapkan anak-anak untuk tidur dan menidurkan.
Communication
Consistency
Discipline
Relator
Communicator
Quality Controller
Keluarga

Berdasarkan tabel aktifitas di atas, maka saya akan membuat kandang waktu saya sebagai berikut:
1.Peran sebagai diri dengan aktifitas sebagai berikut:
a. Istirahat                               : 6 jam
b. Sholat wajib                        : 50 menit
c. Sholat dhuha                       : 10 menit
d. Tilawah                               : 30 menit
e. Dzikir pagi-petang              : 30 menit
e. Menghafal Quran                : 30 menit
f. Kebersihan diri (2X)           : 30 menit
g. Belajar                                : 1 jam
h. Menulis                               : 1 jam
Total waktu                             : 11 jam

2.Peran sebagai pasangan (istri) dengan aktifitas sebagai berikut:
            a. Couple time (pagi hari)      : 1 jam
            b. Menyiapkan keperluan       : 30 menit
               suami di pagi hari dan
                sore hari (ketika pulang
                kerja).
            Total waktu                             : 1 jam 30 menit

3. Peran sebagai ibu dengan aktifitas sebagai berikut:
            a. Menyambut anak di pagi hari                    : 30 menit
                dan kegiatan rutin pagi (buang
                air kecil dan minum air putih
            b.  Makan bersama anak (3X)                                    : 1 jam
            c. Mengawasi anak-anak mandi (2X)                        : 30 menit
            d. Bermain/berkegiatan bersama anak           : 1 jam 30 menit
            e. Belajar bersama anak                                 : 1 jam 30 menit
            f. Family time                                                 : 1 jam
            g. Membacakan buku kepada anak                : 30 menit
            h. Menyiapkan makanan anak-anak (3X)      : 1 jam
            i. Mempersiapkan anak untuk tidur malam   : 30 menit
            j. Menulis jurnal belajar anak dan rencana    : 30 menit
                pembelajaran anak.
            Total waktu                                                     : 8 jam 30 menit

4. Peran dalam komunitas dengan aktifitas betikut:
a. Pekerjaan rutin rumah tangga                    : 1 jam 30 menit
            b. Berjejaring                                                  : 30 menit
c. Menjalankan bisnis online                         : 1 jam
            Total                                                               : 3 jam

TOTAL WAKTU SELURUHNYA:
1.     Peran sebagai pribadi             : 11 jam
2.     Peran sebagai istri                  : 1 jam 30 menit
3.     Peran sebagai ibu                   : 8 jam 30 menit
4.     Peran dalam komunitas          : 3 jam
TOTAL                                  : 24 JAM
Berdasarkan kandang waktu tersebut, maka saya membuat jadwal harian sebagai berikut:
NO
WAKTU
AKTIFITAS
1.
04.35 – 05.00
Bangun tidur, sholat subuh, dzikir pagi
2.
05.00 – 06.00
Couple Time
3.
06.00 – 06.15
Menyiapkan keperluan suami
4.
06.15 – 06.30
Loading cucian ke mesin cuci, menyapu, mengepel
5.
06.30 – 07.00
Membaca buku (belajar)
6.
07.00 – 07.30
Menyambut anak-anak di pagi hari
7.
07.30 – 07.45
Mengawasi anak-anak mandi
8.
07.45 – 08.00
Menjemur pakaian
9.
08.00 – 08.40
Menyiapkan sarapan untuk anak dan sarapan bersama
10.
08.40 – 08.50
Kebersihan diri
11.
08.50 – 09.00
Sholat Dhuha
12.
09.00 – 09.30
Tilawah
13.
09.30 – 10.00
Menghafalkan Al-Quran
14.
10.00 – 11.00
Menulis
15.
11.00 – 12.00
Bermain/berkegiatan bersama anak
16.
12.00 – 12.20
Menyiapkan makan siang untuk anak
17.
12.20 – 12.30
Sholat Dzuhur
18.
12.30 – 12.50
Makan siang bersama
19.
12.50 – 13.20
Membacakan buku kepada anak
20.
13.20 – 14.50
Membimbing anak belajar
21.
14.50 – 15.20
Menulis jurnal pembelajaran anak dan RKH untuk esok hari
22.
15.20 – 15.30
Sholat Ashar
23.
15.30 – 16.00
Berjejaring/berkomunitas online (WA, IG, Medsos)
24.
16.00 – 16.40
Mengangkat pakaian dan melipat pakaian, mencuci piring dan membersihkan dapur
25.
16.40 – 16.55
Mengawasi anak-ana mandi sore
26.
16.55 – 17.15
Kebersihan diri
27.
17.15 – 17.50
Menyambut suami di sore hari dan menyiapkan makan malam
28.
17.50 – 18.10
Makan malam bersama
29.
18.10 – 18.35
Sholat Maghrib dan dzikir petang
30.
18.35 – 19.35
Family Time
31.
19.35 – 19.45
Sholat Isya
32.
19.45 – 20.45
Menjalankan bisnis online
33.
20.45 – 21.15
Menyiapkan anak-anak tidur malam
34.
21.15 – 21.45
Belajar
35.
21.45
Tidur malam



Akhirnya, inilah ujung dari tugas 3 saya. Semoga para fasilitator tidak jenuh membaca tulisan sepanjang ini. Masya Allah.

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriDua
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

No comments:

Post a Comment

Tugas Chukyuu 5

Komono Kitchen Hal yang dilakukan: 1.Mencuci piring dan peralatan masak setelah selesai masak 2.Mengelap cipratan minyak pada dinding da...