Sunday, 22 April 2018

Memilih Keilmuan dan Menentukan Maestro (Tugas 6 RBI Proyek 2)


Bismillahirrahmaanirrahiim.
Alhamdulillah, saat ini saya memasuki babak baru dalam kelas RBI, yaitu tugas ke-6 dengan rincian tugas:
1.     Menuliskan ilmu-ilmu yang dapat mendukung bakat yang dimiliki.
2.     Menuliskan nama-nama maestro yang diketahui memiliki bakat yang mendukung bakat diri.

Sejujurnya, kalau harus menuliskan ilmu-ilmu apa saja yang harus saya pelajari dalam mendukung bakat diri, akan banyak sekali ilmu yang bisa saya tuliskan. Tentunya, hal itu agak membingungkan saya dan seperti tak ada batasan dalam menuliskan ilmu-ilmu tersebut. Sehingga dalam mengerjakan tugas ke-6 ini, saya akan memberikan batasan berupa passion saya sendiri.
Sedari awal saya melihat tagline yang digagas Ruang Berkarya Ibu yaitu ‘Temukan Potensimu dan Ciptakan Ruang Berkaryamu’, jelas bagi saya bahwa output saya dalam mengikuti kelas ini adalah untuk menemukan potensi dalam diri saya, mengasah dan menajamkannya, sehingga potensi tersebut bisa berinergi dengan passion saya dan dapat menghasilkan ruang berkarya yang membahagiakan saya. Setidaknya begitulah yang saya harapkan akan terjadi pada diri saya dengan mengikuti kelas ini.
Dengan demikian, beginilah hasil penyelaman saya ke dalam diri saya mengenai ilmu-ilmu yang mendukung bakat, peran, dan passion saya:
NO
PASSION (MINAT)
BAKAT/PERAN
ILMU PENDUKUNG
1.
Pendidikan Islami Anak Usia Pra-Aqil Baligh
Learner
1.Adab belajar dan menuntut ilmu dalam Islam
2.Gaya dalam belajar
3.Model dan metode pembelajaran (secara umum)
4.Jenis pendekatan, strategi, teknik, dan taktik dalam belajar
5.Pendidikan berbasis bakat dan fitrah
6.Pendidikan rumah (homeschooling)


Communication
Relator
Significance
Educator
1.Komunikasi baik, benar, dan menyenangkan (KBBM)
2.Metode Montessori dalam pendidikan rumah
3.Cara menjadi guru yang baik dan menyenangkan
4.Ice breaking dan permainan dalam pembelajaran
5.Thinking skills
6.Perbedaan otak laki-laki dan perempuan
7.Perkembangan otak anak
8.Metode pengajaran dan pendidikan nabi Muhammad SAW dalam belajar dan mengajar


Administrator
Journalist
Discipline
Focus
Consistency
1.Perkembangan anak usia pra-aqil baligh
2.Kurikulum pendidikan
3.Pembuatan rencana pembelajaran dalam pendidikan rumah
2.
Pengasuhan Anak Islami
Learner
Focus
Discipline
Consistency
1.Shirah Nabawiyah
2.Tarbiyatul aulad
3.Prophetic parenting
4.Islamic parenting
5.Masa kekhalifahan


Educator
Significance
1.Amalan dan ibadah Rasulullah dalam keseharian
2.Hadist Araba’in
3.Minhajul Muslim
3.
Memasak
Learner
Focus
Discipline
Consistency
1.Makanan yang halal dan baik dalam Islam
2.Angka kecukupan gizi
3.Memilih bahan makanan yang baik dan sehat
4.Kelas memasak

Oke, sekarang lanjut ke daftar maestro yang saya butuhkan untuk meningkatkan jam terbang saya:
1.     Muhammad Rasulullah SAW
2.     Ibrahim AS
3.     Khadijah binti Khuwailid RA
4.     Hajar (Istri Nabi Ibrahim AS)
5.     Ki Hajar Dewantara
6.     Buya Hamka
7.     KH. Agus Salim
8.     Elly Risman, Psi.
9.     DR. Amir Zuhdi
10.  Asep Haerul Ghani, Psi.
11.  Abah Rama Royani
12.  Harry Santosa
13.  Septi Peni Wulandani
14.  Dodik Maryanto
15.  Kiki Barkiah
16.  Perwitasari Mulyaningsih, Psi.
17.  Ayah Irwan Rinaldi
18.  Ayah Hilman Al Madani
19.  Kak Seto Mulyadi
20.  Mbak Lala dan Mas Aar (Rumah Inspirasi)

Well, done. Alhadmulillah selesai juga tugas keenam saya di kelas RBI Proyek 2. Meskipun mungkin pengumpulan tugas kali ini sangat sangat sangat mepet waktu, semoga hal-hal yang saya tuliskan tidak mepet pemikiran dan penyelaman jiwa.
Untuk ke depannya, saya berharap bisa fokus pada kurikulum yang saya buat sendiri ini, sehingga dalam prakteknya bisa mempertinggi dan menambah jam terbang saya. Amin.


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#MateriEnam
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

No comments:

Post a Comment

Tugas Chukyuu 5

Komono Kitchen Hal yang dilakukan: 1.Mencuci piring dan peralatan masak setelah selesai masak 2.Mengelap cipratan minyak pada dinding da...