Bismillahirrahmaanirrahiim.
Alhamdulillah, saat ini saya memasuki babak baru dalam kelas RBI,
yaitu tugas ke-6 dengan rincian tugas:
1.
Menuliskan
ilmu-ilmu yang dapat mendukung bakat yang dimiliki.
2.
Menuliskan
nama-nama maestro yang diketahui memiliki bakat yang mendukung bakat diri.
Sejujurnya, kalau harus menuliskan ilmu-ilmu apa saja yang harus
saya pelajari dalam mendukung bakat diri, akan banyak sekali ilmu yang bisa
saya tuliskan. Tentunya, hal itu agak membingungkan saya dan seperti tak ada
batasan dalam menuliskan ilmu-ilmu tersebut. Sehingga dalam mengerjakan tugas
ke-6 ini, saya akan memberikan batasan berupa passion saya sendiri.
Sedari awal saya melihat tagline yang digagas Ruang Berkarya Ibu
yaitu ‘Temukan Potensimu dan Ciptakan Ruang Berkaryamu’, jelas bagi saya bahwa
output saya dalam mengikuti kelas ini adalah untuk menemukan potensi dalam diri
saya, mengasah dan menajamkannya, sehingga potensi tersebut bisa berinergi
dengan passion saya dan dapat menghasilkan ruang berkarya yang membahagiakan
saya. Setidaknya begitulah yang saya harapkan akan terjadi pada diri saya
dengan mengikuti kelas ini.
Dengan demikian, beginilah hasil penyelaman saya ke dalam diri saya
mengenai ilmu-ilmu yang mendukung bakat, peran, dan passion saya:
NO
|
PASSION (MINAT)
|
BAKAT/PERAN
|
ILMU PENDUKUNG
|
1.
|
Pendidikan Islami Anak Usia Pra-Aqil Baligh
|
Learner
|
1.Adab belajar dan menuntut ilmu dalam Islam
2.Gaya dalam belajar
3.Model dan metode pembelajaran (secara umum)
4.Jenis pendekatan, strategi, teknik, dan taktik dalam belajar
5.Pendidikan berbasis bakat dan fitrah
6.Pendidikan rumah (homeschooling)
|
|
|
Communication
Relator
Significance
Educator
|
1.Komunikasi baik, benar, dan menyenangkan (KBBM)
2.Metode Montessori dalam pendidikan rumah
3.Cara menjadi guru yang baik dan menyenangkan
4.Ice breaking dan permainan dalam pembelajaran
5.Thinking skills
6.Perbedaan otak laki-laki dan perempuan
7.Perkembangan otak anak
8.Metode pengajaran dan pendidikan nabi Muhammad SAW dalam
belajar dan mengajar
|
|
|
Administrator
Journalist
Discipline
Focus
Consistency
|
1.Perkembangan anak usia pra-aqil baligh
2.Kurikulum pendidikan
3.Pembuatan rencana pembelajaran dalam pendidikan rumah
|
2.
|
Pengasuhan Anak Islami
|
Learner
Focus
Discipline
Consistency
|
1.Shirah Nabawiyah
2.Tarbiyatul aulad
3.Prophetic parenting
4.Islamic parenting
5.Masa kekhalifahan
|
|
|
Educator
Significance
|
1.Amalan dan ibadah Rasulullah dalam keseharian
2.Hadist Araba’in
3.Minhajul Muslim
|
3.
|
Memasak
|
Learner
Focus
Discipline
Consistency
|
1.Makanan yang halal dan baik dalam Islam
2.Angka kecukupan gizi
3.Memilih bahan makanan yang baik dan sehat
4.Kelas memasak
|
Oke, sekarang lanjut ke daftar maestro yang saya butuhkan untuk
meningkatkan jam terbang saya:
1.
Muhammad
Rasulullah SAW
2.
Ibrahim
AS
3.
Khadijah
binti Khuwailid RA
4.
Hajar
(Istri Nabi Ibrahim AS)
5.
Ki
Hajar Dewantara
6.
Buya
Hamka
7.
KH.
Agus Salim
8.
Elly
Risman, Psi.
9.
DR.
Amir Zuhdi
10.
Asep
Haerul Ghani, Psi.
11.
Abah
Rama Royani
12.
Harry
Santosa
13.
Septi
Peni Wulandani
14.
Dodik
Maryanto
15.
Kiki
Barkiah
16.
Perwitasari
Mulyaningsih, Psi.
17.
Ayah
Irwan Rinaldi
18.
Ayah
Hilman Al Madani
19.
Kak
Seto Mulyadi
20.
Mbak
Lala dan Mas Aar (Rumah Inspirasi)
Well, done. Alhadmulillah selesai juga tugas keenam saya di kelas
RBI Proyek 2. Meskipun mungkin pengumpulan tugas kali ini sangat sangat sangat
mepet waktu, semoga hal-hal yang saya tuliskan tidak mepet pemikiran dan
penyelaman jiwa.
Untuk ke depannya, saya berharap bisa fokus pada kurikulum yang
saya buat sendiri ini, sehingga dalam prakteknya bisa mempertinggi dan menambah
jam terbang saya. Amin.
#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#MateriEnam
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
No comments:
Post a Comment