Saturday, 22 April 2017

(Hari 1) Mengenal Tata Surya

Pengalaman pertama saya pada pengamatan gaya belajar anak saya, Javas, dimulai dengan tema mengenal tata surya. Sebenarnya ini bukan pengamatan yang berlangsung dalam satu waktu saja; tetapi pengamatan ini sudah saya lakukan dalam beberapa waktu pada saat ini dan lalu. Pun pengamatan itu meliputi ketiga gaya belajar, yaitu visual, audio, dan kinestetik. 

Pada pengamatan audio-visual, saya sering membacakan buku mengenai tata surya. Beberapa buku yang mendukung tema tata surya ini adalah: 
The Solar System: A Lift-the-flap-book

Confidence in Science (CIS): Apa Saja Anggota Keluarga Matahari?

Aku Ingin Tahu Mengapa (ATM): Bintang Berkelip

Pada pengamatan visual saja, di rumah saya menyiapkan kartu tiga bagian dengan tema tata surya. Kartu tiga bagian ini adalah salah satu aparatus yang biasa digunakan dalam pembelajaran dengan metode Montessori. Jadi melalui kartu tiga bagian ini, anak-anak akan belajar mengenai bentuk dari anggota tata surya; sekaligus sebagai kegiatan pra-membaca dan pra-matematika. Beginilah penampakan kartu tiga bagian tersebut: 

Kartu Tiga Bagian (Three Part Cards) Tata Surya
Pada pengamatan kinestetik, saya dan suami pernah mengajak Javas ke Planetarium, Jakarta. Saat itu Javas senang sekali. Namun sayangnya, menurut saya, di Planetarium tidak banyak menyajikan hal-hal atau kegiatan yang bisa merangsang kinestetik anak dalam mengenal tata surya. Mungkin lain waktu, kami akan coba ke Mini Planetarium di TMII. Semoga hasilnya tidak mengecewakan. 


#Tantangan10Hari
#Hari1
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment

Tugas Chukyuu 5

Komono Kitchen Hal yang dilakukan: 1.Mencuci piring dan peralatan masak setelah selesai masak 2.Mengelap cipratan minyak pada dinding da...